Friday, May 25, 2012

Imam Syafi'e - Anak Yatim yang Dimuliakan Allah...


Sedikit riwayat hidup Imam Besar As-Syafi'e yang saya terjemahkan dari tulisan Sheikh Ja'far Umar Thalib untuk iktibar dan ilmu buat semua.

Di kampung miskin di kota Ghazzah (orang Barat menyebutnya Gaza) di bumi Palestina, pada tahun150 H (bertepatan dengan tahun 694 M) lahirlah seorang bayi lelaki dari pasangan suami isteri yang berbahagia, Idris bin Abbas Asy-Syafi’e dengan seorang wanita dari suku Azad. Bayi lelaki keturunan Quraisy ini akhirnya dinamai Muhammad bin Idris Asy-Syafi’e . Demikian nama lengkapnya sang bayi itu. Namun kebahagiaan keluarga miskin ini dengan kelahiran bayi tersebut tidaklah berlangsung lama. Kerana beberapa saat setelah kelahiran itu, terjadilah peristiwa menyedihkan iaitu ayah sang bayi meninggal dunia dalam usia yang masih muda. Bayi lelaki yang rupawan itu pun akhirnya hidup sebagai anak yatim.

Sang ibu sangat menyayangi bayinya sehingga anak yatim Quraisy itu membesar sebagai bayi yang sihat. Maka ketika ia telah berusia dua tahun dibawalah oleh ibunya ke Makkah untuk tinggal di tengah keluarga ayahnya di kampung Bani Mutthalib. Kerana anak yatim ini, dari sisi nasab ayahnya, berasal dari keturunan seorang Sahabat Nabi saw  yang bernama Syafi’e bin As-Sa’ib. Dan As-Sa’ib ayahnya Syafi’e, sempat tertawan dalam perang Badar sebagai seorang musyrik kemudian As-Sa’ib menebus dirinya dengan wang jaminan untuk mendapatkan status pembebasan dari tawanan Muslimin. Dan setelah dia dibebaskan, iapun masuk Islam di tangan Rasulullah saw . Maka nasab bayi yatim ini secara lengkap adalah sebagai berikut: Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin Utsman bin Syafi’e bin As-Sa’ib bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hasyim bin Al-Mutthalib bin Abdi Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan. Dari nasab tersebut, Al-Mutthalib bin Abdi Manaf, datuk Muhammad bin Idris Asy-Syafi’e, adalah saudara kandung Hasyim bin Abdi Manaf datuk Nabi Muhammad saw yang juga saudara kandung Abdul Mutthalib bin Hasyim, datuk Nabi Muhammad saw , bernama Syifa’, dinikahi oleh Ubaid bin Abdi Yazid sehingga melahirkan anak bernama As-Sa’ib, ayahnya Syafi’e. Kepada Syafi’e bin As-Sa’ib r.a inilah bayi yatim tersebut dinisbahkan nasabnya sehingga terkenal dengan nama Muhammad bin Idris Asy-Syafi’e Al-Mutthalibi. Dengan demikian nasab yatim ini sangat dekat dengan Nabi Muhammad saw . Bahkan kerana Hasyim bin Abdi Manaf yang kemudian melahirkan Bani Hasyim, adalah saudara kandung dengan Mutthalib bin Abdi manaf, yang melahirkan Bani Mutthalib, maka Rasulullah saw bersabda:
“Hanyalah kami (yakni Bani Hasyim) dengan mereka (yakni Bani Mutthalib) berasal dari satu nasab. Sambil beliau menyilang-nyilangkan jari jemari kedua tangan beliau.” (HR. Abu Nu’aim Al-Asfahani dalam Hilyah nya juz 9 hal. 65 – 66).

Di lingkungan Bani Al-Mutthalib, dia membesar menjadi anak lelaki yang penuh gagah dan tampan. Di usia kanak-kanaknya dia sibuk dengan latihan memanah sehingga di kalangan teman sebayanya dia amat jitu dalam memanah. Bahkan dari sepuluh anak panah yang dilepaskannya sepuluh yang kena sasaran sehingga dia terkenal sebagai anak muda yang ahli memanah. Demikian terus kesibukannya dalam panah memanah sehingga ada seorang ahli perubatan waktu itu yang menasihatinya. Doktor itu menyatakan kepadanya: “Bila engkau terus menerus demikian maka sangat dikuatirkan akan terkena penyakit luka pada paru-parumu kerana engkau terlalu banyak berdiri di bawah panas terik mata hari.” Maka mulailah anak yatim ini mengurangi kegiatan panah memanah dan mengisi waktu dengan belajar bahasa Arab dan menekuni bait-bait syair Arab sehingga dalam waktu yang singkat anak muda dari Quraisy ini menjadi tokoh yang disegani dalam bahasa Arab dan syair dalam usia kanak-kanak. Di samping itu dia juga menghafal Al-Quran sehingga pada usia tujuh tahun telah menghafal Al-Quran keseluruhannya. 

Demi ia merasakan manisnya ilmu maka dengan taufiq Allah dan hidayah-Nya dia mulai senang mempelajari fiqh setelah menjadi tokoh dalam bahasa Arab dan syair. Remaja yatim ini belajar fiqih dari para Ulamak fiqih yang ada di Makkah seperti Muslim bin khalid Az-Zanji yang waktu itu berkedudukan sebagai mufti Makkah. Kemudian beliau juga belajar dari Dawud bin Abdurrahman Al-Atthar. Juga beliau belajar dari bapa saudaranya yang bernama Muhammad bin Ali bin Syafi’e dan juga menimba ilmu dari Sufyan bin Uyainah. Guru yang lainnya dalam fiqih ialah Abdurrahman bin Abi Bakr Al-Mulaiki, Sa’id bin Salim, Fudhail bin Al-Ayyadl dan masih banyak lagi yang lainnya. Dia pun semakin menonjol dalam bidang fiqih hanya dalam beberapa tahun saja duduk di berbagai halaqah ilmu para Ulamak fiqih sebagaimana tersebut di atas. Oleh kerana telah dahagakan ilmu beliau akhirnya berangkat dari Makkah menuju Al-Madinah An Nabawiyah untuk belajar di halaqah Imam Malik bin Anas di sana. Di majlis beliau ini si anak yatim tersebut menghafal dan memahami dengan cemerlang kitab karya Imam Malik iaitu Al-Muwattha’ . Kecerdasannya membuat Imam Malik amat mengaguminya. Sementara itu As-Syafi’e sendiri sangat cenderung meneladani dan sangat mengagumi Imam Malik di Al-Madinah dan Imam Sufyan bin Uyainah di Makkah. Beliau menyatakan kekagumannya setelah menjadi Imam dengan pernyataannya yang terkenal berbunyi: “Seandainya tidak ada Malik bin Anas dan Sufyan bin Uyainah nescaya akan hilanglah ilmu dari Hijaz.” Juga beliau menyatakan lebih lanjut kekagumannya kepada Imam Malik: “Bila datang Imam Malik ke suatu majlis maka Malik menjadi bintang di majlis itu.” Beliau juga sangat tertarik dengan kitab Al-Muwattha’ Imam Malik sehingga beliau menyatakan: “Tidak ada kitab yang lebih bermanfaat setelah Al-Quran, lebih dari kitab Al-Muwattha’ .” Beliau juga menyatakan: “Aku tidak membaca Al-Muwattha’ Malik, kecuali mesti bertambah pemahamanku.” Dari berbagai pernyataan beliau di atas dapatlah diketahui bahawa guru yang paling beliau kagumi adalah Imam Malik bin Anas dan Imam Sufyan bin Uyainah. Di samping itu pemuda ini juga duduk menghafal dan memahami ilmu dari para Ulamak yang ada di Al-Madinah seperti Ibrahim bin Sa’ad, Isma’il bin Ja’far, Atthaf bin Khalid dan Abdul Aziz Ad-Darawardi. Beliau banyak pula menghafal ilmu di majlis Ibrahim bin Abi Yahya. Tetapi sayang guru beliau yang disebutkan terakhir ini adalah pendusta dalam meriwayatkan hadis serta memiliki pandangan yang sama dengan madzhab Qadariyah yang menolak untuk beriman kepada takdir dan berbagai kelemahan fatal lainnya. Sehingga ketika pemuda Quraisy ini telah terkenal dengan gelar sebagai Imam Syafi’e khususnya di akhir hayat beliau, beliau tidak mau lagi menyebut nama Ibrahim bin Abi Yahya ini dalam berbagai periwayatan ilmu.

Ketika Muhammad bin Idris As-Syafi’e Al-Mutthalibi Al-Qurasyi telah berusia dua puluh tahun dia sudah memiliki kedudukan yang tinggi di kalangan Ulamak di zamannya dalam berfatwa dan berbagai ilmu yang berkisar pada Al-Quran dan As-Sunnah. Tetapi beliau masih tidak berpuas hati dengan ilmu yang dicapainya. Maka beliaupun berangkat menuju negeri Yaman untuk mempelajari ilmu dari para Ulamak disana pula. Disebutkanlah sederet Ulamak Yaman yang didatangi oleh beliau ini seperti Mutharrif bin Mazin, Hisyam bin Yusuf Al-Qadli dan banyak lagi yang lainnya. Dari Yaman beliau melanjutkan musafir ilmiahnya ke kota Baghdad di Iraq dan di kota ini beliau banyak mengambil ilmu dari Muhammad bin Al-Hasan, seorang ahli fiqih di negeri Iraq. Juga beliau mengambil ilmu dari Isma’il bin Ulaiyyah dan Abdul Wahhab Ats-Tsaqafi dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Sejak di kota Baghdad, Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi`ie mulai dikerumuni para muridnya dan mulai menulis berbagai keterangan agama. Juga beliau mulai membantah beberapa keterangan para Imam ahli fiqih dalam rangka mengikuti sunnah Nabi Muhammad saw . Kitab fiqih dan Ushul Fiqih pun mulai ditulisnya. Populariti beliau di dunia Islam yang semakin luas menyebabkan banyak orang semakin kagum dengan ilmunya sehingga orang pun berbondong-bondong mendatangi majlis ilmu beliau untuk menimba ilmu. Tersebutlah tokoh-tokoh ilmu agama ini yang mendatangi majlis beliau untuk menimba ilmu dari beliau seperti Abu Bakr Abdullah bin Az-Zubair Al-Humaidi (beliau ini adalah salah seorang guru Al-Imam Al-Bukhari), Abu Ubaid Al-Qasim bin Sallam, Ahmad bin Hambal (yang kemudian terkenal dengan nama Imam Hambali), Sulaiman bin Dawud Al-Hasyimi, Abu Ya’qub Yusuf Al-Buaithi, Abu Tsaur Ibrahim bin Khalid Al-Kalbi, Harmalah bin Yahya, Musa bin Abil Jarud Al-Makki, Abdul Aziz bin Yahya Al-Kinani Al-Makki (pengarang kitab Al-Haidah ), Husain bin Ali Al-Karabisi (beliau ini sempat di tahdzir oleh Imam Ahmad kerana berpendapat bahawa lafaz orang yang membaca Al-Quran adalah makhluq), Ibrahim bin Al-Mundzir Al-Hizami, Al-Hasan bin Muhammad Az-Za’farani, Ahmad bin Muhammad Al-Azraqi, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh ilmu yang lainnya. Dari murid-murid beliau di Baghdad yang paling terkenal dan sangat mengagumi beliau adalah Imam Ahmad bin Hambal atau terkenal dengan gelaran Imam Hambali. (***Tahdzir adalah: memperingatkan umat dari kesalahan individu atau kelompok dan membantah kesalahan tersebut; dalam rangka menasehati mereka dan mencegah agar umat tidak terjerumus ke dalam kesalahan serupa).


Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Mizzi dengan sanadnya bersambung kepada Imam Abdullah bin Ahmad bin Hambal (putra Imam Hambali). Beliau menceritakan: “Aku pernah bertanya kepada ayahku  Maka ayahku menjawab: .” Diriwayatkan pula bahawa Sulaiman bin Al-Asy’ats menyatakan: “Aku melihat bahawa Ahmad bin Hambal tidaklah condong kepada seorangpun seperti condongnya kepada As-Syafi’e.” Al-Maimuni meriwayatkan bahawa Imam Hambali menyatakan: “Aku tidak pernah meninggalkan doa kepada Allah di sepertiga terakhir malam untuk enam orang. Salah satunya ialah untuk As-Syafi’e.” Diriwayatkan pula oleh Imam Shalih bin Ahmad bin Hambal (putra Imam Hambali): “Pernah ayahku berjalan di samping keledai yang ditumpangi Imam Syafi’e untuk bertanya-tanya ilmu kepadanya. Maka melihat demikian, Yahya bin Ma’ien sahabat ayahku mengirim orang untuk menegur beliau. Yahya menyatakan kepadanya: kuniah bagi Imam Hambali), mengapa engkau ridla untuk berjalan dengan keledainya As-Syafi’e?>. Maka ayah pun menyatakan kepada Yahya: kuniah bagi Yahya bin Ma’ien), seandainya engkau berjalan di sisi lain dari keledai itu nescaya akan lebih bermanfaat bagimu>.” Di samping Imam Hambali yang sangat mengaguminya juga diriwayatkan oleh Al-Khatib Al-Baghdadi dalam ktab Tarikh nya dengan sanadnya dari Abu Tsaur. Dia menceritakan: “Abdurrahman bin Mahdi pernah menulis surat kepada As-Syafi’e, dan waktu itu As-Syafi’e masih muda belia. Dalam surat itu Abdurrahman meminta kepadanya untuk menuliskan untuknya sebuah kitab yang terdapat padanya makna-makna Al Quran, dan juga mengumpulkan berbagai macam tingkatan hadis, keterangan tentang kedudukan ijma’ (kesepakatan Ulamak) sebagai hujjah / dalil, keterangan hukum yang nasikh (yakni hukum yang menghapus hukum lainnya) dan hukum yang mansukh (yakni hukum yang telah dihapus oleh hukum yang lainnya), baik yang ada di dalam Al-Quran maupun As-Sunnah. Maka As-Syafi’e mula menuliskan untuknya kitab Ar-Risalah dan kemudian dikirimkan kepada Abdurrahman bin Mahdi. Begitu membaca kitab Ar-Risalah ini, Abdurrahman menjadi sangat kagum dan sangat senang kepada As-Syafi’e sehingga beliau menyatakan: “Setiap kali aku solat aku selalu mendoakan As-Syafi’e.” Kitab Ar-Risalah karya Imam Syafi’e akhirnya menjadi kitab rujukan utama bagi para Ulamak dalam ilmu Ushul Fiqih sampai hari ini. Pujian para Ulamak dan kekaguman mereka bukan saja datang dari orang-orang yang seangkatan dengan beliau dalam ilmu akan tetapi datang pula pujian itu dari para Ulamak yang menjadi guru beliau. Antara lain ialah Sufyan bin Uyainah salah seorang guru beliau yang sangat dikaguminya. Sebaliknya Sufyan pun sangat mengagumi Imam As-Syafi’e sampai diceritakan oleh Suwaid bin Saied sebagai berikut: “Aku pernah duduk di majlis ilmu Sufyan bin Uyainah. As-Syafi’e datang ke majlis itu masuk sembil mengucapkan salam dan langsung duduk untuk mendengarkan Sufyan yang sedang menyampaikan ilmu. Waktu itu Sufyan sedang membaca sebuah hadis yang sangat menyentuh hati. Betapa lembutnya hati beliau saat mendengar hadis itu menyebabkan As-Syafi’e mendadak pengsan. Orang-orang di majlis itu menyangka bahawa As-Syafi’e meninggal dunia sehingga peristiwa ini dilaporkan kepada Sufyan: . Maka Sufyan pun menyatakan: .” Demikian pujian para Ulamak yang sebagiannya saya nukilkan dalam tulisan ini untuk menggambarkan kepada para pembaca sekalian betapa beliau sangat tinggi kedudukannya di kalangan para Ulama yang sezaman dengannya. Apalagi tentunya para Ulamak yang sesudahnya.

Imam As-Syafi’e tinggal di Baghdad hanya dua tahun. Setelah itu beliau berhijrah ke Mesir dan tinggal di sana sampai beliau wafat pada tahun 204 H dan usia beliau ketika wafat 54 tahun. Beliau telah meninggalkan warisan yang tak ternilai iaitu ilmu yang beliau tulis di kitab Ar-Risalah dalam ilmu Ushul Fiqih. Di samping itu beliau juga menulis kitab Musnad As-Syafi’e  berupa kumpulan hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh beliau dan kitab Al-Um berupa kumpulan keterangan beliau dalam masalah fiqih. Sebagaimana kitab Al-Um  kumpulan riwayat keterangan Imam As Syafi’e dalam fiqih juga disusun oleh Al-Imam Al-Baihaqi dan diberi nama Ma’rifatul Aatsar was Sunan. Al-Imam Abu Nu’aim Al-Asfahani membawakan beberapa riwayat nasihat dan pernyataan Imam As-Syafi’e dalam berbagai masalah yang menunjukkan pendirian Imam As-Syafi’e dalam memahami agama ini. Beberapa riwayat Abu Nu’aim tersebut kami nukilkan sebagai berikut :  Imam As-Syafi’e menyatakan: “Bila aku melihat Ahli Hadis, seakan aku melihat seorang dari Sahabat Nabi saw .” (HR. Abu Nu’aim Al-Asfahani dalam kitab Al-Hilyah nya juz 9 halaman 109). Ini menunjukkan betapa tinggi penghargaan beliau kepada para Ahli Hadis.

Imam As-Syafi’e menyatakan: “Sungguh seandainya seseorang itu ditimpa dengan berbagai amalan yang dilarang oleh Allah selain dosa syirik, lebih baik baginya daripada dia mempelajari ilmu kalam.” (HR. Abu Nu’aim Al-Asfahani dalam Al-Hilyah nya juz 9 halaman 111).
Beliau menyatakan juga: “Seandainya manusia itu mengerti bahaya yang ada dalam Ilmu Kalam dan hawa nafsu, nescaya dia akan lari daripadanya seperti dia lari dari harimau.”
Ini menunjukkan betapa beliau menentang Ilmu Kalam, suatu ilmu yang membahas perkara Tauhid dengan cara pembahasan ilmu filsafat.

Diriwayatkan oleh Ar-Rabi’ bin Sulaiman bahawa dia menyatakan: Aku mendengar As-Syafi’e berkata: “Barangsiapa mengatakan bahawa Al-Quran itu makhluk, maka sungguh dia telah kafir.” ((HR. Abu Nu’aim Al-Asfahani dalam Al-Hilyah nya juz 9 halaman 113).

Diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim Al-Asfahani bahawa Al-Imam As-Syafi’e telah mengkafirkan seorang tokoh ahli Ilmu Kalam yang terkenal dengan nama Hafs Al-Fardi kerana dia menyatakan di hadapan beliau bahawa Al-Quran itu adalah makhluk. Demikian tegas Imam As-Syafi’e dalam menilai mereka yang mengatakan bahawa Al-Quran itu makhluk. Dan memang para Ulamak Ahlis Sunnah wal Jamaah telah sepakat untuk mengkafirkan siapa yang meyakini bahawa Al-Quran itu makhluk.

Al-Imam Adz-Dzahabi meriwayatkan pula dengan sanadnya dari Al-Buwaithie yang menyatakan: “Aku bertanya kepada As-Syafi’e: Maka beliau pun menjawabnya: . Akupun bertanya lagi kepada beliau: Maka beliau pun menjawab: .” 

Demikian Imam As-Syafi`e mengajarkan sikap terhadap Ahlil Bidaah seperti yang disebutkan contohnya dalam pernyataan beliau iaitu orang-orang yang mengikuti aliran Rafidlah yang sering dinamakan Syiah. Aliran Syiah terkenal dengan sikap kebencian mereka kepada para Sahabat Nabi saw  khususnya Abu Bakar dan Umar. Di samping Rafidlah masih ada aliran bidaah lainnya seperti Qadariyah iaitu aliran pemahaman yang menolak beriman kepada rukun iman yang keenam (iaitu keimanan kepada adanya taqdir Allah Ta`ala). Juga aliran Murji’ah yang menyatakan bahawa iman itu hanya keyakinan yang ada di hati dan amalan itu tidak termasuk dari iman. Murji’ah juga menyatakan bahawa iman itu tidak bertambah dengan perbuatan ketaatan kepada Allah dan tidak pula berkurang dengan kemaksiatan kepada Allah. Semua ini adalah pemikiran sesat, yang menjadi alasan bagi Imam As-Syafi’e untuk melarang orang solat di belakang imam yang berpandangan dengan salah satu dari pemikiran-pemikiran sesat ini.

Imam As-Syafi’e juga amat keras menganjurkan umat Islam untuk jangan bertaqlid (yakni mengikut dengan membabi buta) kepada seseorang pun sehingga meninggalkan Al-Quran dan As-Sunnah ketika pendapat orang yang diikutinya itu menyelisihi pendapat keduanya. Hal ini dinyatakan oleh beliau dalam beberapa pesan sebagai berikut: Al-Hafidh Abu Nu`aim Al-Asfahani meriwayatkan dalam Kitab Hilyah dengan sanad yang soheh riwayat Abdullah bin Ahmad bin Hambal, katanya: “Ayahku telah menceritakan kepadaku bahawa Muhammad bin Idris Asy-Syafi’e berkata: .” 

Demikianlah para Ulamak bersikap tawaduk sebagai keperibadian utama mereka. Sehingga tidak menjadi masalah bagi mereka bila guru mengambil manfaat dari muridnya dan muridnya yang diambil manfaat oleh gurunya tidak pula kemudian menjadi congkak dengannya. Tetap saja sang murid mengakui dan mengambil manfaat dari gurunya meskipun sang guru mengakui di depan umum tentang ketinggian ilmu si murid. Guru-guru utama Imam Asy Syafi’e, Imam Malik dan Imam Sufyan bin Uyainah, dengan terang-terangan mengakui keutamaan ilmu As-Syafi’e. Bahkan Imam Sufyan bin Uyainah banyak bertanya kepada Imam Asy-Syafi’e saat Imam Syafi’e ada di majlisnya. Padahal Imam Asy-Syafi’e duduk di majlis itu sebagai salah satu murid beliau, dan bersama para hadirin yang lainnya mereka selalu mengerumuni Imam Sufyan untuk menimba ilmu daripadanya. Tetapi meskipun demikian Imam Syafi’e tidak terpengaruh oleh sanjungan gurunya. Beliau tetap mendatangi majlis gurunya dan memuliakannya. Di samping itu hal yang amat penting pula dari pernyataan Imam Asy-Syafi’e kepada Imam Ahmad bin Hambal tersebut di atas menunjukkan kepada kita betapa kuatnya semangat beliau dalam merujuk kepada hadis soheh untuk menjadi pegangan dalam bermazhab biar dari manapun hadis soheh itu berasal.

Imam Asy-Syafi’e menyatakan pula “Semua hadis yang dari Nabi saw maka itu adalah sebagai hujahku. Walaupun kamu semua tidak mendengarnya dariku.” 

Demikian beliau memberikan ajaran kepada para murid beliau bahawa hadis soheh itu adalah dalil yang sah bagi segala pendapat dalam agama ini. Maka pendapat dari siapapun bila menyelisihi hadis yang soheh tentu tidak akan dapat menggugurkan hadis soheh itu. Bahkan sebaliknya pendapat yang demikianlah yang harus digugurkan dengan adanya hadis soheh yang menyelisihinya.

P e n u t u p :
Masih banyak mutiara hikmah yang ingin saya garapkan dalam tulisan ini dari riwayat hidup Imam Asy-Syafi’e. Namun dalam kesempatan ini rasanya tidak cukup halaman blog ini untuk saya memuatkan segala kemilau mutiara hikmah riwayat hidup beliau itu. Bahkan telah ditulis oleh para Imam-Imam Ahlus Sunnah wal Jamaah kitab-kitab tebal yang berisi untaian mutiara hikmah riwayat hidup Imam besar ini. Seperti Al-Imam Al-Baihaqi menulis kitab Manaqibus Syafi’e  juga Ar-Razi menulis kitab dengan judul yang sama. Kemudian Ibnu Abi Hatim menulis kitab berjudul Aadaabus Syaafi’ie . Dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu semua menunjukkan kepada kita betapa agungnya Imam besar ini di mata para Imam Ahlus Sunnah wal Jamaah. Semoga Allah Taala menggabungkan kita di barisan mereka di hari kiamat nanti, insyaallah.. Alfatihah buatmu khalifah dan ilmuan islam yang banyak berjasa kepada agama kita…

8 comments:

Anonymous said...

It's going to be end of mine day, except before ending I am
reading this great piece of writing to increase my knowledge.


My web blog: CherrieKLeconey

Anonymous said...

Hello colleagues, how is all, and what you want to say about this post, in my view its genuinely awesome designed for me.


Also visit my weblog - SheritaKBovee

Anonymous said...

Hello mates, how is the whole thing, and what you desire to
say on the topic of this paragraph, in my view its truly remarkable designed
for me.

Feel free to visit my web site - AntionetteIMuscaro

Anonymous said...

There is certainly a great deal to find out about this issue.
I like all of the points you have made.

Also visit my page ... MosheVRiller

Anonymous said...

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this write-up
plus the rest of the site is really good.

Here is my blog - KatiUAgre

Anonymous said...

You have made some really good points there. I checked on the web
for more information about the issue and found most people will go
along with your views on this site.

Take a look at my weblog :: MerissaOSkagen

Anonymous said...

I'll immediately grab your rss feed as I can't in finding your email subscription link or e-newsletter service.
Do you have any? Kindly permit me know in order that I may subscribe.

Thanks.

Also visit my blog post ... JolineCIzumi

Anonymous said...

Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your web site, how can i subscribe for a blog site?
The account aided me a appropriate deal. I have been tiny bit acquainted of this your broadcast offered shiny clear idea

my page ... RickeyHSutterfield